komentar

Jumat, 15 November 2013

Permasalahan Sampah



Mungkin masalah sampah ini termasuk sepele. Kota-kota Kecil di Indonesia sampah berantakan baik di halaman rumah maupun di jalanan.


Kebanyakan kita belum sadar membuang sampah pada tempatnya, walaupun telah anjurkan oleh pemerintah buanglah sampah pada tempatnya.
Sampah adalah sisa-sisa benda atau barang yang telah digunakan manusia. Sampah itu bisa dibagi menjadi dua bentuk. Yang pertama anorganik dan organik. Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda-benda yang tidak dapat diuraikan. Contohnya adalah plastik, kaleng, dan lain-lain. Sedangkan sampah organik adalah sampah yang terbentuk dari zat-zat organik dan dapat diuraikan. Contoh sampah ini adalah daun rontok, kertas, dll.
kita sadari bahwa setiap orang mengeluarkan sampah dan sampah hanya di buang di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) tanpa daur ulang, maka sampah akan menumpuk akan menjadi sebuah gunung sampah yang tinggi.


Sampah anorganik dapat di daur ulang kembali dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sampah plastik, dapat diolah menjadi minyak tanah dengan pengelolaan sederhana. Apabila hal ini dapat dikembangkan akan menjadi suatu produksi minyak tanah tanpa pengeboran.
Apabila semua sampah di olah menjadi suatu yang bermanfaat, maka tidak akan terjadi tumpukan sampah dan pembuangan sampah dengan sembarangan.

Bravo Daur Ulang.

0 komentar: